Pilih Mana? Membahas Satu Topik, atau Banyak Topik?

Pilih Mana? Membahas Satu Topik, atau Banyak Topik?

Pilih Mana? Membahas Satu Topik, atau Banyak Topik?
Saturday, July 8, 2017
Assalamualaikum wr.wb
Selamat datang di blog saya ini. Kali ini saya akan membagikan sebuah Artikel yang Sangat memotivasi tentunya. bagi sobat yang sedang bingung menentukan topik Blog sobat silakan baca Artikel ini😲.

Dalam menentukan sebuah Topik ada kalanya jika sobat memilih satu topik saja seperti blog saya ini. Jangan banyak topik karena akan membingungkan visitor juga.


Bener, salah satu kelebihan jika membahas banyak topik atau gado-gado adalah topik dan juga visitor yang bisa kita dapatkan tidak terbatas.

Jika sobat memang lebih suka yang seperti itu maka silakan saja. Tapi secara pribadi saya tidak begitu suka dengan blog model begini.

Berikut ini adalah Alasan Saya Memilih Satu topik dalam Bloger saya :

1. Ini masalah kepuasan

Dulu saya pernah mengelola sebuah blog gado-gado, sudah memiliki banyak pengujung dan juga penghasilan yang lumayan. Tapi jujur tidak ada kepuasan yang bisa saya ambil dari apa yang saya hasilkan.

Itulah kenapa saat ini saya memutuskan untuk lebih menginvestasikan waktu saya untuk mengembangkan blog ini ketimbang mengurus blog yang saya sendiri tidak begitu menikmatinya.

2. Blog Indonesia rata-rata blog gado-gado

Tidak ada data pasti tentang hal ini. Tapi kebanyakan blog Indonesia yang saya temui adalah blog gado-gado. Kalo sudah banyak blog yang seperti ini kenapa kita tidak mencoba membuat sesuatu yang berbeda?

Contoh sederhana blog pertamax7.com, blog yang khusus membahas otomotif ini sukses mendapatkan banyak pengujung. Meskipun blog ini menggunakan platform gratisan tapi untuk urusan penghasilan saya yakin tidaklah sedikit.

Atau contoh lainnya blog Bagas31.com yang saya yakin sobat tahu dengan blog ini karena blog ini memang terkenal sebagai tempat download software gratis.

Satu lagi blog Aninesia.com yang saya yakin bagi sobat pencinta anime naruto bakalan tidak asing lagi dengan blog yang satu ini. Dan masih banyak yang lainnya…

Apa sobat tidak kepengin membuat blog yang seperti mereka?

3. Mendapatkan 100% manfaat dari ngeblog

Salah satu alasan lain adalah manfaat yang jauh lebih banyak yang bisa kita dapatkan jika memilih fokus pada satu topik blog. Jadi bukan melulu masalah uang, uang dan uang.

Mendapat bembaca setia, penungjung setia, kepercayaan dari pembaca, semua tidak akan sobat dapatkan jika blog sobat membahas banyak topik.

4. SEO menjadi lebih mudah

Untuk urusan SEO kita mendapat banyak keuntungan jika blog kita fokus pada satu topik. Postingan-postingan di blog kita cenderung akan lebih mudah muncul pada halaman depan mesin pencari karena google tahu blog kita fokus pada topik tersebut.

Selain itu kita akan lebih mudah mendapatkan backlink-backlink natural. Alasannya sederhana, orang akan lebih percaya kepada blog kita sehingga mereka mau dengan senang hati memberikan backlink.

5. Monetisasi jauh lebih mudah

Mungkin banyak yang menganggap memonetisasi blog dengan satu topik lebih sulit ketimbang blog dengan topik berbagai macam hal. Alasannya karena trafik pengujung yang kalah banyak.

Apa benar demikian?

Tidak. Justru memonetasi blog dengan satu topik jauh lebih mudah. Kenapa? karena untuk urusan monetisasi bukan hanya masalah seberapa banyak jumlah trafik pengujung tapi juga kualitas dari trafik tersebut.

6. Ide postingan mudah didapat

Banyak yang bilang jika blog kita hanya membahas satu topik kita akan kesulitan mencari ide postingan. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Blogger yang berpendapat seperti itu hanyalah blogger yang memilih topik yang dia sendiri tidak begitu suka.

Jika sobat memilih topik yang benar-benar sobat minati dan kuasai saya yakin menemukan ide postingan akan jauh lebih mudah.

Satu topik bukan berarti harus benar-benar spesifik. Contoh sederhana topik “Teknologi” topik tersebut memiliki banyak sekali subtopik, dari gadget, internet, komputer, dan macem-macem. Jadi tidak ada alasan kita bakalan kesulitan mencari ide.

7. Bisa menjadi aset jangka panjang

Selama topik yang kita bahas tidak akan basi ditelan zaman, maka blog yang kita kelola dapat menjadi aset untuk jangka panjang. Kenapa? karena blog kita akan selalu menjadi yang terdepan dan mendominasi pada topik yang kita geluti.

Berbeda dengan blog gado-gado yang sulit berkembang karena tidak memiliki arah tujuan yang jelas.

8. Membesarkan blog gado-gado sangatlah Sulitttt..!!

Siapa bilang blog gado-gado tidak bisa besar dan terkenal. Lihat saja blog gado-gado kelas kakap seperti www.ehow.com mereka bisa besar dan terkenal.

Yaps memang benar, tapi sangat sulit. Jika sobat ngeblog hanya seorang diri maka mengelola blog gado-gado sampai bisa besar dan terkenal seperti ehow.com adalah hal yang sangat sulit.

Rata-rata blog gado-gado yang bisa menjadi besar karena mereka dikelola oleh sebuah tim dimana setiap topik pada blog tersebut memilki penulis-penulis tersendiri.

9. Memberi sesutu yang berguna bagi pembaca

Ngeblog itu bukan melulu masalah uang. Tidak masalah ngeblog supaya dapat uang, karena saya juga seperti itu, tapi alangkah lebih menyenangkan jika selain mendapat uang kita juga dapat memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain.

Dengan hanya membahas satu topik kita bisa menyampaikan informasi atau apa saja kepada pembaca secara lebih rinci dan mendalam. Jarang atau bahkan tidak pernah saya menemukan blog gado-gado yang membahas sebuah topik secara rinci dan mendalam, yang ada malah bikin bingung.
Kembali ke Judul…

Di atas adalah 9 alasan kenapa saya lebih memilih untuk membuat blog dengan satu topik ketimbang banyak topik. Sekarang saatnya kembali ke judul:

Pilih mana, membahas satu topik atau banyak topik?

Saya secara pribadi lebih memilih satu topik. Bagaimana dengan sobat? silakan sampaikan pendapat dan unek-unek sobat di kolom komentar.

Terima kasih telah membaca, jangan lupa share dan komentar ya.
Wassalamualaikum wr.wb
Seorang yang lebih suka menyendiri dan tidak suka di keramaian, walaupun dunia ini luas tapi sendiri lebih nyaman.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • 0 Response to "Pilih Mana? Membahas Satu Topik, atau Banyak Topik?"

    Post a Comment

    Silahkan berkomentar atau berpendapat melalui form dibawah. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, link tidak akan ditampilkan, dan komentar yang mengandung unsur SARA tidak diperkenankan.
    Jadilah orang yang bijak dan bisa menghargai orang lain Oke sobat :)

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel